Mengapa Tuhan menciptakan wanita dari tulang rusuk pria ???

Mengapa Tuhan menciptakan wanita dari tulang rusuk pria ???

Dan mengapa bukan dari tulang ekor atau tulang kering pria atau tulang lainya yang fungsinya mungkin lebih menarik dibanding fungsi tulang rusuk tapi jika anda penasaran silakan simak pembahasannya berikut.

Tidak tahu kenapa di pagi hari saya teringat dengan awal wanita diciptakan Tuhan, dan yang membuat saya bertanya-tanya kenapa tuhan harus membuat adam tertidur terus tuhan harus mengambil diam-diam satu tulang rusuk adam untuk dasar pembuatan hawa,  dan kenapa tidak Tuhan ambil saja tanah terus bentuk dan hembuskan nafas lalu jadi hawa kanapa tidak demikian sama seperti penciptaan adam.

Kejadian 2:21-22 (TB)  Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging.
Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.

Terang saja saya heran tuhan harus membuat adam tertidur dahulu untuk membuat hawa, kenapa tidak adam dan Tuhan bekerja sama membuat hawa saat itu, paling tidak adam sedang menonton meyaksikan tahap demi tahap pembuatan istrinya, tapi malah tuhan membuat project hawa, tanpa spengetahuan adam dan sifatnya seperti kejutan bakal adam yg nota bene saat itu adam bergaul erat dengan Allah bisa dibilang sahabat karib Allah.

Saya juga bertanya-tanya, kenapa Tuhan tidak membuat hawa sama seperti ciptaan lainya yg hanya dengan berfirman lalu jadi tapi di jelaskan di dalam alkitab Tuhan menciptkan hawa dengan cara yg spesial dan timingnya tidak bersamaan dengan ciptaan yg lainya dan kesanya sespesial itu, dan itu terjadi dengan planing tersendiri dari Tuhan dan kesanya sperti jika semua sudah di ciptakan baik langit dan bumi bahkan segalah isinya sudah lengkap tapi dalam hati Tuhan mungkin
 "semua sudah Aku ciptakan rasanya belum lengkap tanpa ada permpuan"
Bisa di bilang seperti itu.

Setelah saya coba galih lebih dalam mengapa Tuhan harus ciptakan hawa dengan cara yg spseial dan bahan bakunya harus dari si laki-laki atau tulang rusuk adam dan bukan tulang lainya dan harus tulang rusuk.

Nah ini membuat saya penasaran kenapa sih tulang tusuk adam yg dipakai tuhan bakal membuat hawa dan bukan tulang lainya misalnya tulang ekor atau tulang kering adam.

Saya penasaran dan saya coba cari tahu apa sih fungsi dari dari tulang rusuk di banding tulang lainya,  dan kenapa sampai sespesial itu tulang rusuk dan bukan tulang kering yg di pakai Tuhan

Menurut wikipedia Dalam anatomi, tulang rusuk atau iga (Latin: costae adalah tulang panjang yang melengkung dan membentuk rongga rusuk.) Tulang rusuk melindungi paru-paru, jantung, hati, dan organ dalam lainnya di rongga dada.

Setelah membaca fungsi tulang rusuk saya terpikirkan oleh manfaatnya yang melindungi organ seperti paru-paru, jantung, hati, dan organ dalam lainnya di rongga dada,  dan saya kira fungsinya yg melindungi sudah cukup menjelaskan kenapa harus tulang rusuk dan kita tahu pula prisnsip seorang lalaki yang harus menjadi pelindung dalam keluarga,  melindungi segenap keluarga yang ada.

Dan tidak jauh dari itu sifat dari tuhan kita yang maha pelindung,  tidak heran jika proses pembuatan hawa tidak jauh dari sifat Allah yg ingin melindungi manusia yg serupa dengan gambarNya itu.

Mengapa Tuhan menciptakan wanita dari tulang rusuk pria, jika Dia sebenaranya mampu menciptakankannya dari debu, seperti yang Dia lakukan pada pria? Ini adalah alasannya yang begitu terasa indah:


"Ketika Aku menciptakan langit dan bumi, Aku hanya berbicara dan semua tercipta. Ketika Aku menciptakan manusia, Aku membentuk dia dari debu bumi dan meniupkan nafas kehidupan ke dalam lubang hidungnya. Tetapi engkau, wanita..., Aku mendandanimu setelah Aku meniupkan nafas kehidupan karena lubang hidungmu terlalu lembut. Aku memperbolehkan pria tertidur nyenyak hingga Aku dapat dengan sabar dan sempurna mendandanimu. Pria ditidurkan sehingga dia tidak dapat mengganggu kreativitasku. Dari satu tulang Aku mendandanimu. Aku memilih tulang yang melindungi kehidupan pria. Aku memilih tulang rusuk, yang melindungi jantung dan paru-paru dan mendukung dia, sebagaimana yang harus kamu lakukan. "

"Dengan tulang ini Aku membentuk kamu. Aku memodelkan kamu. Akumenciptakan kamu sempurna dan indah. Karakteristik kamu adalah seperti tulang rusuk, kuat tapi halusdan rapuh. Kamu memberikan perlindungan bagi organ-organ dalam pria yang paling lemah, jantungnya adalah inti keberadaannya; paru-parunya memberikan nafas kehidupan. Tulang rusuk akan membiarkan dirinya patah sebelum akan membuat kerusakan pada jantung. Mendukung pria seperti tulang rusuk mendukung tubuh. "

" Kamu tidak diambil dari kakinya, untuk berada di bawah dia, Kamu juga tidak diambil dari kepalanya, untuk menjadi di atasnya. Kamu diambil dari sisinya, untuk berdiri di sampingnya dan berada dekat di sisinya. Kamu adalah malaikatku yang sempurna. Kamu adalah gadis kecilku yang cantik. Kamu telah tumbuh menjadi wanita yang sempurna, dan mata Ku penuh ketika Aku melihat kebajikan dalam hatimu. Matamu: janganlah merubah matanya. Bibirmu: begitu indah saat mengucapkan doa.Hidungmu begitu indah bentuknya, tanganmu begitu lembut untuk disentuh. Aku telah memperhatikan wajahmu didalam tidurmu yang terdalam; Aku merengkuh hatimu dekat dengan hatiku. Dari semua yang hidupdan bernafas, kamulah yang paling mirip Aku. "

"Adam berjalan dengan Aku di hari yang dingin, tetapi ia tetap merasa kesepian. Dia tidak bisa melihat Aku atau menyentuhKu. Dia hanya bisa merasakan kehadiran Ku. Jadi semua yang Aku inginkan Adam untuk berbagi dan mengalaminya dengan Ku, Aku membentuknya di dalam kamu: kekudusan-Ku, kekuatan-Ku, kemurnian-Ku, cinta-Ku, perlindungan dan dukungan-Ku . Kamu adalah khusus karena Kamu adalah ekstensidari-Ku. "

"Manusia merupakan gambaran saya, sedangkan wanita menggambarkan emosi saya. Bersama, kalian mewakili totalitas yaitu Aku. Jadi, pria: perlakukan wanita dengan baik. Cinta dia, hormatilah dia, karena ia rapuh. Bila menyakiti dia, kamu menyakiti-Ku. Apa yang kamu lakukan untuk dia, Kamu lakukan untuk-Ku. Bila menghancurkan dia, Kamu hanya merusakjantung kamu sendiri. Dan wanita, dukunglah pria dalam kerendahan hati, tunjukkan kepadanya kekuatan emosi yang Aku berikan kepada kamu. Dalam kelembutan dan ketenangan tunjukkan kekuatan kamu. Dalam cinta, tunjukkan kepadanya bahwa kamu adalah tulang rusuk yang melindungi apa yang di dalam dirinya. FDC/TEN

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alasan Pria Menangis Karena Wanita

Ini Dia Budaya Unik “Padungku” di Poso

Kabupaten tertua di Sulaewesi Tengah